*JOB Tomori dan IMZ Dompet Dhuafa Resmikan Gerai BUMDESa Sumber Harapan

*JOB Tomori dan IMZ Dompet Dhuafa Resmikan Gerai BUMDESa Sumber Harapan

Ummattv, Usaha Milik Desa (BUMDESa) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDESa Sumber Harapan menjadi entitas yang berperan penting dalam menggerakkan perekonomian di Desa Sumberharjo, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah ini. 

Pada hari Sabtu 28 Januari 2023 ini, diselenggarakan pembukaan Gerai BUMDESa Sumber Harapan di outlet yang terletak pada RT 02 Dusun 02 yang turut mengundang oleh berbagai perwakilan tokoh masyarakat mulai dari Camat Moilong, Kapolsek Toili – Moilong, Danramil 1308-03, Koordinator BPP Kec. Moilong dan Ketua Kelompok Sumber Tani Lestari serta perwakilan Comdev JOB Tomori. 

“Kami bersyukur dengan adanya Sekolah Pemberdayaan Desa ini dapat meningkatkan kinerja dari pengelolaan BUMDES. BUMDES yang kemaren kini harus lebih baik lagi dengan adanya Gerai BUMDESa Sumber Harapan ini. Kami juga memiliki PR untuk menambah lokasi atau lahan petani beras organik agar dapat menambah jumlah produksi beras organik”, demikian pesan Kepala Desa Sumberharjo Baron Hermanto yang juga akan berangkat menunaikan ibadah umroh pasca pembukaan gerai berlangsung.

Pembina Sekolah Pemberdayaan Desa sekaligus Manager Training and Business Development IMZ Dompet Dhuafa Prasetyo Wibowo menyampaikan bahwa Gerai BUMDESa Sumber Harapan ini diharapkan mampu menjadi etalase atau showroom dari berbagai produk-produk unggulan desa yang ada. Sehingga, pola pemasaran dan market yang gemar dengan beras organik akan lebih cepat terbangun. Tidak hanya membangun kepercayaan market pembeli, tetapi juga membangun kepercayaan para petani produsen beras organik itu sendiri. 

“Pemberdayaan dan pembinaan yang dilakukan bersama IMZ Dompet Dhuafa subjeknya penguatan BUMDES itu sendiri dan ini sudah berjalan selama satu tahun. Pada hari ini kita mencapai pengadaan Gerai dan merupakan hasil dari rangkaian Sekolah Pemberdayaan Desa. Mulai dari edukasi pelatihan, pengajaran, penguatan kelembagaan ekonomi, hingga pemasaran. Kita harapkan lebih terencana dan tidak hanya satu tahun tetapi lebih lama lagi”, sambutan dari Community Development JOB Tomori Iwan Gunawan. 

Produk-produk yang dijual oleh Gerai BUMDESa Sumber Harapan diantaranya beras organik Tomorice yang merupakan hasil dari Kelompok Sumber Tani Lestari, cocopeat dari kerja Karang Taruna dan Bank Sampah Desa Sumberharjo, snack jipang dan snack keripik pisang hingga rempeyek aneka rasa dari Arsyila Keripik Desa Bonebalantak, serta produk-produk lainnya. Tim sales dan marketing serta tim social media juga memberdayakan para pemuda pemudi desa, agar mampu lebih luas merambah pasar digital.

“Tidak ada pemberdayaan yang instan, semua perlu dilakukan dengan menumbuhkan dan merawat kesadaran untuk menjadi mandiri dan berkelanjutan. Semua perubahan secara bertahap” Iwan menambahkan.

IMZ merupakan lembaga social enterprise yang membantu organisasi profit dan nirlaba di bidang leadership, pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat berbasis nilai-nilai spiritual, dan termasuk bagian dari group Dompet Dhuafa yang memberikan pendampingan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. 

JOB Tomori bersama IMZ Dompet Dhuafa menyelenggarakan Sekolah Pemberdayaan Desa di Desa Sumberharjo Kecamatan Moilong dan Desa Bonebalantak Kecamatan Batui Selatan dalam rangka  mengoptimalkan potensi desa serta membentuk organisasi yang mampu menggerakkan perekonomian desa. SPD JOB Tomori dimulai sejak Februari 2022 dan dilanjutkan dengan pendampingan kelembagaan serta penyiapan pemasaran selama satu tahun. 

Reporter: Prasetyo Wibowo 

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi:

Marcom IMZ

IMZ Building

Ciputat Indah Permai A12

Jl. Ir. H. Juanda No. 50 Ciputat, Tangerang Selatan

U.P : Naluri Hadiansyah (+6289631853206)

Sebelumnya :
Selanjutnya :