Kolaborasi 4 Organisasi Bantu Rehab Masjid Tua Langgara Tungga

Kolaborasi 4 Organisasi Bantu Rehab Masjid Tua Langgara Tungga

Ummattv, Empat organisasi di Kabupaten Sidrap berkolaborasi membantu rehabilitasi Masjid Tua Langgara Tungga, Desa Tanatoro, Pitu Riase, Kabubaten Sidrap. Organisasi tersebut yakni, Indonesia Offroad Federation (IOF), Maega Overland (Move), Forum Alumni HMI Wati (Forhati), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Mereka menamai kegiatan yang dilaksanakan 8-9 April 2023 ini “Kolaborasi Berbagi” dengan  mengusung tema "Berbagi Berkah Ramadhan" seri 2. Adapun seri 1 dilaksanakan Ramadan tahun lalu oleh Maega Overland bersama IOF Sidrap di Masjid Dusun Teppo, Desa Tanatoro, Pitu Riase.

Dr. Zulkarnain Basir selaku koordinator tim kolaborasi  mengungkap, mereka menghimpun donasi baik dari anggota komunitas internal juga dari masyarakat luas.

“Alhamdulillah respon masyarakat dan anggota komunitas sangat baik sehingga tim kolaborasi berhasil menghimpun donasi sebesar Rp22.550.000. Selain itu,  juga terdapat 250 kg beras,  15 sajadah dan 3 gulung karpet masjid,” paparnya. 

Dr. Zul, demikian ia kerap disapa melanjutkan, dari donasi tersebut kemudian dialokasikan untuk buka puasa bersama dan sahur bersama masyarakat Dusun Langgara Tungga, 50 paket lebaran dan 50 paket beras, serta biaya pembelian kayu untuk rehabilitasi Masjid Tua Langgara Tungga. 

Diungkapnya pula, pihaknya selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan komunitas mana pun untuk kegiatan semacam itu . 

“Kami dari Tim Kolab tetap akan memfasilitasi masyarakat yang ingin berdonasi utk pemeliharaan Masjid Tua Langgara Tungga atau masjid-masjid lain di desa terpencil lainnya. Dan Insya Allah ‘Berbagi Berkah Ramadhan’ Seri 3 akan dilaksanakan Ramadan tahun depan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Masjid Tua Langgara Tungga diketahui dibangun sekitar tahun 1603 yang menjadikannya sebagai masjid pertama dan tertua di wilayah Sidenreng Rappang. 

Sementara itu, Kades Tana Toro Abdullah Paba bersama tokoh masyarakat setempat H. M. Sibole dan masyarakat Dusun Langgara Tungga menyambut kedatangan Tim Kolaborasi dengan perasaan haru dan bahagia.

“Harapan kami kegiatan semacam ini terus dilaksanakan karena sangat bermanfaat untuk masyarakat khususnya kami masyarakat desa terpencil seperti di Tana Toro ini,” ungkap Sibole.

Untuk diketahui, IOF Sidrap saat ini diketuai Andi Faisal Ranggong, Maega Overland yang dikoordinir Ismail Mustari alias Om Cama', Forum Alumni HMI Wati (Forhati) Kabupaten Sidrap diketuai Zamrah Puspa Dewi, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sidrap diketuai dr. Syafruddin Akkas.

Sebelumnya :
Selanjutnya :