Prof. Veni Hadju : AMAZING (11)

Prof. Veni Hadju  :  AMAZING (11)

Veni Prof: Pesan Dakwah, 28 Dzulqa'dah 1445H

By: Prof. Veni Hadju

AMAZING (11)

Indonesia memiliki kurang lebih 800.000 masjid dan menjadi terbanyak di dunia. Jumlah masjid di Indoneaia ini dikabarkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah yang ada di Mesir, Turki, Banglades, India, Pakistan, Iran, dan bahkan Saudi Arabia. Dibandingkan dengan negara lainnya, populasi muslim di Indonesia memang terbanyak walaupun saat ini populasi muslim India juga terus meningkat. Dengan jumlah masjid yang terbanyak di dunia ini menunjukkan bahwa perhatian umat Islam Indonesia terhadap sarana ibadahnya sangat luar biasa. Amazing.

Beribadah di masjid memang diwajibkan bagi muslim yang beriman. Allah menjanjikan pahala berlipat ganda. Bukan sepekan sekali, bukan sekali sehari, namun minimal lima kali sehari seorang pria beriman berkunjung ke masjid. Banyak ibadah yang dapat dilakukan di masjid termasuk sholat, dzikir, membaca Al-Qur'an, belajar mengajar ilmu Islam, dan i'tikaf. Dalam masjid timbul ketenangan dan terasa ada rahmat, kasih sayang, dan kebahagiaan. Sangat disayangkan, muslim yang belum rutin ke masjid. Apalagi kalau ada muslim yang sepertinya tidak butuh dengan masjid. Padahal para ulama mengatakan kebutuhan seorang muslim terhadap masjid sama dengan kebutuhan ikan terhadap air. Ikan yang berada dalam air akan tenang, lincah beŕgerak, terlihat indàh, dan bahagia. Amazing.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memakmurkan masjid. Bangunan masjid harus bersih, terawat, dan nyaman dikunjungi ummat Islam. Gerakan memakmurkan masjid ini di Indonesia terus meningkat. Ada masjid yang tanpak mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas, terbuka 24 jam dan siap melayani tamu sehingga para musafir bisa istrahat di dalamnya. Ada masjid yang menyiapkan makanan gratis bagi jamaahnya, buka puasa Senin Kamis, mobil ambulans, klinik kesehatan, dan lainnya. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِا للّٰهِ وَا لْيَوْمِ الْاٰ خِرِ وَاَ قَا مَ الصَّلٰوةَ وَاٰ تَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ فَعَسٰۤى اُولٰٓئِكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

"Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk."

(QS. At-Taubah 9: Ayat 18)

AKTIVITAS KITA DI MASJID MENDATANGKAN PAHALA YANG BERLIMPAH DAN KASIH

Sebelumnya :
Selanjutnya :